Selasa, 12 Juni 2012

Adab Adab Dalam Thawaf




Rasulullah SAW bersabda; “Thawaf di sekitar Ka’bah seperti halnya shalat, hanya saja kalian diperbolehkan berbicara didalamnya, maka barang siapa yang ingin berbicara, hendaknya tidak berbicara kecuali tentang kebaikan.” (HR. At-Tirmidzi). 

Orang yang thawaf hendaknya menghadapkan wajah dan hatinya kepada Allah SWT, sembari memohon kepada Nya untuk kebaikan dunia dan akhirat dalam bahasa apapun, sebab tidak ada do’a-do’a khusus untuk tiap putarannya. Dan hendaknya tidak pula orang yang thawaf disibukkan dengan pembicaraan masalah-masalah duniawi.

Dalam berthawaf, kita juga dituntun untuk selalu menjaga akhlak kita. Kadangkala ketika jamaah yang berthawaf mulai ramai dan kondisi penuh sesak. Sikap bertoleransi dan memuliakan sesama Muslim harus kita utamakan. Jangan sampai kita terlibat dengan aksi saling dorong apalagi menyakiti sesama. Perlu kita kondisikan hati kita, bahwa kita dalam keadaan sedang beribadah. 

Diantar adab-adab dalam thawaf adalah: 
  • Hendaknya thawaf dilakukan dengan khusyu, menghadirkan hati dalam mengagungkan Allah SWT takut kepadaNya dan selalu berharap keridhoanNya. 
  • Tidak boleh berbicara kecuali diperlukan dan jika berbicara maka berbicara yang baik. 
  • Tidak menyakiti orang lain baik dengan perkataan ataupun perbuatan. 
  • Memperbanyak dzikir dan do’a dan bershalawat kepada  Rasulullah SAW . 

Perlu juga kita perhatikan, agar kita jangan sampai terpisah dari rombongan yang lain. Sesama rombongan kita hendaklah kita tanamkan sikap saling menjaga dan saling membantu. Untuk melaksanakan thawaf bisa memakan waktu satu jam lebih, apalagi ditambah dengan sa’i. Kita perlu cermat melihat jika ada di antara jamaah kita yang sudah tua dan uzur untuk melaksanakan thawaf, kewajiban kitalah untuk membantunya.

Cara Mudah & Cepat Menunaikan Ibadah Haji dan Umrah Tanpa Kendala Biaya


Penyelenggara Perjalanan Umroh & Haji Plus sejak 1990 
Izin Umroh D/142 th 2009 & Izin Haji Plus D/80 th 2009 
Kantor Perwakilan Surabaya - Jawa Timur 
Divisi Marketing Armina Utama Sukses
Jl. Semolowaru Elok AL 2
031-7111 3345

Kantor Pusat 
PT ARMINAREKA PERDANA 
Gedung Menara Salemba Lt.V
Jl.Salemba Raya No.05 Jakarta Pusat 10440
Telp : 021.3984 2982 , 3984 2964
Fax : 021.3984 2985

Tidak ada komentar:

Posting Komentar